Translate

Rabu, 25 Oktober 2023

PPG SIKLUS 1

 

LK 1.1 Identifikasi Masalah

 

Nama Guru    : Shinta Aryani Saputri

Asal Institusi  : SDS Muhammadiyah Bojonggede

 

Petunjuk: Silakan identifikasi masalah-masalah pembelajaran yang mungkin terkait dengan penanganan Peserta didik bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan Peserta didik, melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS (High Order Thinking Skills), literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua Peserta didik, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman Anda saat menjadi guru.

No

Jenis permasalahan

Masalah yang diidentifikasi

Analisis identifikasi masalah

1

Membangun relasi dengan Peserta didik

1.      Peserta didik menganggap guru belum memahami potensi dan kemampuannya

 

2.      Peserta didik memiliki trauma terhadap guru

 

3.      Peserta didik kurang percaya kepada guru

4.      Peserta didik menganggap guru tidak berlaku adil atau pilih kasih

 

5.      Peserta didik yang cenderung sopan dengan gurunya saja

1.      Peserta didik takut bercerita kepada guru

2.      Peserta didik memiliki rasa percaya diri yang rendah

3.      Peserta didik takut kepada guru

4.      Peserta didik sulit jika disuruh maju ke depan

5.      Peserta didik merasa kurang nyaman terhadap guru

6.      Peserta didik sering merasa iri dengan teman sendiri

 

7.      Peserta didik hanya salam kepada gurunya saja ketika bertemu dan tidak salam ke guru lain.

2

Peserta didik bermasalah dan berkebutuhan khusus

1.      Peserta didik tidak bisa diam dan sering berpindah tempat

 

2.      Peserta didik seperti memiliki dunia sendiri atau asyik sendiri

 

3.      Peserta didik sering mengganggu teman

 

4.      Peserta didik mudah marah dan emosional

 

 

 

 

5.      Peserta didik memiliki gangguan pada penglihatan

 

 

1.      Peserta didik membuat temannya tidak bisa fokus

2.      Peserta didik suka menyendiri dan ngomong sendiri

3.      Ada salah satu Peserta didik ketika panik suka menggigit kuku sampai berdarah

4.      Kelas menjadi berisik dan rusuh

5.      Ketika kesenggol oleh temannya mudah mengamuk

 

6.      Peserta didik tidak bisa melihat jika duduk dibelakang

3

Motivasi

1.      Peserta didik sering tidak masuk

 

2.      Peserta didik tidak menemukan gaya belajar yang tepat

 

 

 

3.      Peserta didik tidak semangat belajar

 

 

4.      Peserta didik kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran

 

 

 

5.      Peserta didik cepat bosan

1.      Peserta didik sering bolos dipelajaran tertentu

 

2.      Peserta didik tidak memperhatikan guru dikelas

3.      Peserta didik suka melamun

 

4.      Peserta didik malas mengerjakan tugas

 

5.      Peserta didik bermain pada saat pelajaran berlangsung

 

6.      Perserta didik tidak focus dan mudah lupa

 

7.      Peserta didik mudah ngantuk, sering ijin cuci muka.

4

Interaksi dengan orang tua Peserta didik

1.      Hubungan komunikasi antara guru dan orang tua terkait pembelajaran masih kurang maksimal

 

 

 

 

 

2.      Orang tua peserta didik yang tidak jujur dan besar gengsi

 

 

 

 

 

3.      Terjadinya missundertanding antara orangtua dan guru

 

4.      Orangtua yang terlalu percaya dan mendengarkan aduan anak tanpa

 

 

5.      Orangtua yang terlalu cuek dengan perkembangan anak disekolah

1.      Orang tua terlalu sibuk bekerja kurang memperhatikan belajar anak-anaknya

2.      Orangtua yang terlambat mengetahui info kelas

3.      Orang tua mengganggap sekolah tempat penitipan anak

4.      Terjadi permasalahan dibidang ekonomi seperti menurunnya kondisi keuangan karena PHK dan meninggalnya orangtua

5.      Siswa menjadi korban broken home

6.      Orangtua suka salah pengertian tentang setiap info di grup

7.      Orang tua selalu menyalahkan orang jika anaknya bertengkar dengan teman

8.      Orang tua mengganggap sekolah tempat penitipan anak

9.      Pemikiran orang tua yang beranggapan yang penting anaknya naik kelas

10.   Orang Tua yang terlalu menyerahkan pembelajaran kepada sekolah

5

Materi HOTS (High Order Thinking Skills)

1.      Peserta didik yang masih kurang bernalar kritis

2.      Peserta didik yang masih belum bisa berpikir menggunakan logika

3.      Peserta didik belum bisa mengerjakan soal HOTS

 

 

 

4.      Kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.

5.      Kurangnya referensi siswa terhadap teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang dipelajari

1.      Peserta didik yang belum memahami soal atau materi yang diberikan guru

2.      Peserta didik yang malas membaca soal

3.      Peserta didik sekarang yang maunya simple dan asal jawab soal

4.      Peserta didik menjawab soal dengan cepat dan tanpa cara.

5.      Sebagian siswa yang kesulitan mengerjakan soal

6.      Siswa kurang banyak berlatih soal soal HOTS

Catatan: Identifikasi masalah pembelajaran yang tercantum di atas bersifat umum dan dapat berbeda-beda dalam setiap konteks kelas. Disarankan untuk mengadakan diskusi lanjutan dengan rekan guru dan mempertimbangkan pengalaman pribadi serta kebutuhan spesifik di lingkungan pembelajaran Anda.