Translate

Jumat, 04 Mei 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  1
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit
                             
  1. STANDAR KOMPETENSI
Memproses Dokumen Dana Kas Kecil

  1. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan administrasi dana kas kecil

C.     INDIKATOR
a.    Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dana kas kecil.
b.    Menyediakan data transaksi pengisian kembali dan pemakaian kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.       Siswa dapat mengidentifikasikan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dana kas kecil tersedia.
b.      Siswa dapat menunjukkan data transaksi pengisian kembali dan pemakaian dana kas kecil.
c.       Siswa dapat mengetahui berbagai sumber pengelolaan kas kecil perusahaan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Pengelolaan Administrasi Kas Kecil
- Pengertia dari Kas
- Pengertian yang termasuk ke dalam kas
- Pengertian yang termasuk ke dalam kas
- Pengertian dari Kas Kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    : komunikasi tiga arah.
2. Pendekatan             : Kontekstual
3. Metode                    : ceramah dan diskusi

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
                   Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang pengertian kas dan kas kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø  Tahap Konfirmasi
a.       Siswa diberi waktu 15 menit untuk membaca materi ajar yang akan di sampaikan.
b.      Masing-masing siswa diberi waktu untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi ajar yang akan dibahas.
c.       Guru menyampaikan materi ajar
d.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan menjawab pertanyaan dari siswa
e.       Guru memberikan soal yang berkaitan dengan materi ajar yang telah disampaikan kepada para siswa
f.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat suatu kesimpulan.
Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
Guru memberi kesimpulan pembelajaran hari ini. Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam kepada siswanya.

H.    SUMBER BELAJAR
a.       Buku  Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
b.      Buku “Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang” (Hendri Soemantri)
c.       Buku “Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso,SR.)

I.       MEDIA BELAJAR
a.       Modul
b.      Spidol
c.       Papan tulis

J.       PENILAIAN
·         Tes tulis

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan
1.      Apa Yang di maksud dengan Kas dan Kas Kecil…?
2.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang masuk ke dalam golongan kas…?
3.      Sebutkan Definisi Kas Kecil (Petty Cash Fund) menurut , “SOEMARSONO (2004)”…?
4.      Sebutkan biaya-biaya apa saja yang masuk di dalam pengeluaran Kas Kecil…?
5.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang tidak termasuk kas…?


Jawaban
1.      -Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas di pergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.Dapat berupa uang tunai atau simpanan pada bank.

-Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan dipergunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain yang dilakukan dibank(dengan Cek).
2.      a). Uang kertas dan logam
b). Cek      : Surat Perintah tertulis nasabah pada bank untuk menarik sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
     Bilyet Giro : Surat perintah pemindah bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain.
c).  Simpanan dalam bank dalam bentuk giro
 Giro : adalah Suatu alat pembayaran yang ada di perbankan      Indonesia.Giro di terbitkan oleh pihak yang mempunyai  hutang.
                  d). Traveler’s Cheque : adalah cek yang di keluarkan untuk biaya perjalanan.
 e).Money Order : Surat perintah membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan                                    pengguna.
f). Bnk Draft : adalah cek/perintah membayar dari suatu bank yang mempunyai rkening di bank lain,yang dikeluarkan atas perintah seseorang/nasabah melalui penyetoran terlebih dahulu di bank pembuat.
3.      Menurut SOEMARSONO (2004)
Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan dipergunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain yang dilakukan dibank(dengan Cek).
4.      Biaya-biaya dalam kas kecil
a.       Biaya makan dan minum
b.      Biaya perlengkapan
c.       Biaya keperluan kantor
d.      Dll
5.      Yang tidak termasuk kas adalah sbb :
a.       Past dated chek (cek mundur)
Cek yang mencantumkan tanggal penarikan di masa mendatang ,merupakan cek yang di beri tanggal mundur
b.      Certificate of deposito (deposito berjangka)
Prodak bank sejenis jasa btabungan yang biasa ditawarkan pada masyarakat memiliki jangka aktu tertentu misalnya 1,3,6/12bulan.Bila deposito dibiarkan sebelum tanggal jatuh tempo,maka nasabah akan terkena denda/penalty.
c.       Notes (Wesel/promes)/Surat pengakuan hutang
Wesel : Surat perintah dari seorang yang minta dibayarkan kepada seorang lain,sejumlah uang  yang tersebut dalam surat perintah itu
d.      Markettable securities (surat-surat berharga).
Surat pengakuan hutang,wesel,saham,obligasi,sekuritas kredit/setiap derivatifnya/kepentingan lain/suatu kewajiban dari  penerbit dalam bentuk yang lazim diperbandingkan dalam pasar modal dan pasar uang
e.       Kas yang di sisihkan untuk tujuan tertentu dalam bentuk dana ,misalnya untuk pembayaran deviden pelunasan pinjaman obligasi


Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                       (Shinta Aryani Saputri)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  2
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memproses Dokumen Dana Kas Kecil

B.     KOMPETENSI DASAR
Menganalisis dua metode yang dipergunakan dalam pengelolaan administrasi kas kecil

C.     INDIKATOR
a.    Siswa membedakan dua metode yang digunakan dalam pengelolaan administrasi kas kecil.
b.   Siswa dapat memahami karakteristik dasar dari kas kecil.
c.    Siswa dapat memahami prosedur pengelolaan kas kecil
d.   Siswa mampu melakukan prosedur penutupan dan pelaporan kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.       Siswa dapat membedakan dua metode yang digunakan dalam pengelolaan administrasi kas kecil.
b.      Siswa dapat memahami karakteristik dasar dari kas kecil

E.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Dua Metode Dalam Mengelola Dana Kas Kecil
b.      Prosedur Pengelolaan Kas Keil
c.       Prosedur Penutupan Pelaporan Kas Kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    : komunikasi tiga arah
2. Pendekatan             : Kontekstual
3. Metode                    : diskusi

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Dalam mengelola dana kas kecil dibutuhkan beberapa metode untuk membantu lancarnya kegiatan pembukuan dalam kas pada suatu perusahaan.Maka guru memberikan ilustrasi dengan jelas tentang bagaimana prosedur yang dilakukan di kedua metode yang digunakan dalam mengelola dana kas kecil.
Ø  Tahap Konfirmasi
1.    Siswa diberi tugas untuk menjelaskan perbedaan dan persamaan dalam pengelolaan kas kecil yang dibahas dalam metode Imprest Fund System dan Fluctuating Fund System.
2.    Siswa diberi tugas untuk melakukan
3.    Siswa diberi beberapa waktu untuk mengerjakan soal yang telah diberi.
4.    Setelah waktu yang diberikan guru menunjuk siswa untuk mempresentasikan hasil tugas di depan kelas.
Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
Guru member kesimpulan pembelajaran hari ini dan menilai hasil pekerjaan tugas siswa.Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam penutup  kepada siswanya.

H.    SUMBER BELAJAR
a.    Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
b.    Buku “Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang” (Hendri Soemantri)
c.    Buku “Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso,SR.)

I.       MEDIA BELAJAR
a.    Modul
b.    Spidol
c.    Papan tulis.

J.       PENILAIAN
a.       Tes tulis

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan
1.      Jelaskan pengertian dari kas…?
Jawab: Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas di pergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.Dapat berupa uang tunai atau simpanan pada bank.

2.      Jelaskan pengertian dari kas kecil…?
Jawab : Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan dipergunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain yang dilakukan dibank(dengan Cek).

3.      Sebutkan Biaya-biaya yang termasuk dalam kas kecil…?
Jawab : Biaya makan dan minum,Biaya perlengkapan,Biaya keperluan kantor dan lain-lain
4.      Dalam Mengelola dana kas kecil terdapat berapa metode yang biasa di gunakan…?
Jawab : Ada 2 Metode yaitu Imprest Fund Method dan Fluctuation Method
5.      Sebutkan yang termasuk ke dalam kas…?
Jawab :     a. Uang kertas dan logam
                  b.Cek dan Bilyet Giro
                  c. Simpanan dibank dalam bentuk giro
                  d.Traveler’s Cheque
                  e. Money Order
                  f. Chasier’s Orders
                  g.Bank Draft
6.      “ Dalam system ini jumlah dana dalam rekening kas kecil selalu tetap,yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk membentuk dana kas kecil ”.Adalah definisi dari metode apa…?
Jawab : Imprest Fund Method
7.      Apa yang menjadi perbedaan dalan pengisian jumlah saldo andara Imprest Fund Method dengan Flutucation method…?
Jawab : IFM = saldo selalu tetap
              FM = Saldo berubah-ubah
8.      Dimana tempat untuk menyimpan dana kas kecil…?
Jawab : Amplop atau Petty Cash Box
9.      Berapa jumlah dana kas kecil bila dilihat dari dasar karakteristik kas kecil
Jawab : Min : Rp. 500.000
             Max : Rp. 5.000.000
10.  Apa nama jabatan orang yang di percaya untuk memegang kas kecil…?
Jawab : Petugas keuangan tingkat pemula (junior Cashier)


           


                                                        
Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                       (Shinta Aryani Saputri)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  3
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memproses dokumen dana kas kecil

B.     KOMPETENSI DASAR
Menghitung mutasi dana kas kecil

C.     INDIKATOR
a.       Siswa dapat mengidentifikasi saldo awal kas kecil
b.      Siswa dapat mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas kecil
c.       Siswa dapat mengidentifikasi jurnal pemakaian dana kas kecil
d.      Siswa dapat mengidentifikasi sisa dana kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.       Siswa dapat mengetahui berbagai dokumen pemakaian dana kas kecil
b.      Siswa dapat mengetahui metode pencatatan dana kas kecil
c.       Siswa dapat membuat berbagai dokumen penggunaan kas kecil

E.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Dokumen atau bukti pemakaian dana kas kecil
b.      Metode pencatatan transaksi penggunaan kas kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    : komuniksi tiga arah
2. Pendekatan             : Kontekstual
3. Metode                    : Ceramah dan Tanya jawab

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang dana kas kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø  Tahap Konfirmasi
a.       Setelah guru menjelaskan secara terperinci tentang mutasi dana kas kecil maka guru memberikan soal kepada siswa
b.      Soal tersebut dikerjakan oleh siswa
c.       Tugas tersebut langsung dinilai oleh guru
Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
                  Guru memberi kesimpulan pembelajaran hari ini dan menilai hasil pekerjaan tugas siswa.Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam kepada siswanya

H.    SUMBER BELAJAR
1.    Buku Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
2.    Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang (Hendri Soemantri)
3.    Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso SR)

I.       MEDIA BELAJAR
a.       Modul
b.      Spidol
c.       Papan tulis

J.       PENILAIAN
·         Tes tulis
·         Tes lisan

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan
1.      Jelaskan pengertian mutasi dan mutasi kas kecil?
2.      Sebutkan bukti-bukti transaksi ekstern yang anda ketahui?
3.      Sebutkan tahapan-tahapan penggunaan kas kecil?
Jawab :
1.      Mutasi adalah kegiatan pemindahan lokasi atau identitas dari hal-hal tertentu. Sedangkan mutasi kas kecil berarti melakukan pendataan berbagai hal yang terkait dengan pemindahan atau penggunaan kas kecil untuk membiayai berbagai keperluan harian sebuah perusahaan.
2.      Bukti-bukti transaksi ekstern antara lain:
-          Faktur
-          Kuitansi
-          Nota kredit
-          Nota debet
-          Cek
-          Bilyet giro
-          Rekening Koran
-          bukti setoran bank
3.    Tahapan-tahapannya yaitu:
-          Mengenal jenis jurnal dan tata cara pengisian secara umum. Jurnal terdiri dari jurnal umum dan jurnal khusus. Jika transaksi yang terjadi tidak hanya pembelian barang dagang, jurnal khusus tidak dapat digunakan.
-          Siklus pencatatan dan pengisian kembali kas kecil
Dokumen atau bukti transaksi
Transaksi
Jurnal pengeluaran kas kecil
                 1                                       2
                                      
 

                           4                                         X
Bukti pengeluaran kas kecil
                                                                                               3                                          Y
Kasir kas umum
 





Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                       (Shinta Aryani Saputri)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  4
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memproses dokumen dana kas kecil

B.     KOMPETENSI DASAR
Menghitung mutasi dana kas kecil

C.     INDIKATOR
a.    Siswa dapat mengidentifikasi selisih dana kas kecil
b.    Siswa dapat memverifikasi jumlah pemakaian dana kas kecil
c.    Siswa dapat memverifikasi jumlah pengisian kembali dana kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.    Siswa mampu membuat laporan penggunaan kas kecil
b.    Siswa dapat menghitung selisih dana kas kecil
c.    Siswa dapat membuat laporan keuangan

E.     MATERI PEMBELAJARAN
a.    Penghitungan fisik dana kas kecil
b.    Selisih dana kas kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    :.Komunikasi tiga arah
2. Pendekatan             : Kontekstual
3. Metode                    : Ceramah dan Tanya jawab

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang mutasi dana kas kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø  Tahap Konfirmasi
a.    Guru memberikan soal tentang pencatatan kas kecil dan laporan mutasi dana kas kecil
b.    Soal tersebut dikerjakan oleh siswa
c.    Tugas tersebut akan dinilai oleh guru dipertemuan selanjutnya
Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
                  Guru memberi kesimpulan pembelajaran hari ini. Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam kepada siswanya

H.    SUMBER BELAJAR
1.    Buku Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
2.    Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang (Hendri Soemantri)
3.    Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso SR)

I.       MEDIA BELAJAR
a.    Modul
b.    Spidol
c.    Papan tulis

J.       PENILAIAN
·         Tes tulis
·         Tes lisan

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan :
1.    Apakah yang dimaksud laporan keuangan?
2.    Jelaskan pengertian laporan penggunaan kas kecil?
3.    Sebutkan perangkat penyusunan laporan penggunaan kas kecil?

Jawaban :
1.    Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang dibuat dalam rangka pertanggung jawaban seorang pemegang keuangan dalam sebuah kantor atau instansi perusahaan.
2.    Laporan penggunaan kas kecil adalah sebuah bentuk pertanggung jawaban dari kas kecil kepada financial controller atau manajer keuangan melalui general cashier atau kasir umum dan juga sebagai bentuk laporan serta permohonan kepada kasir umum untuk mengisi kembali kas kecil yang sudah digunakan.
3.    Perangkat penyusunan laporan penggunaan kas kecil yaitu:
-       Jurnal pengeluaran kas sebagai bentuk awal pembentukan kas.
-       Buku kas kecil sebagai media mencatat berbagai pengeluran yang dibiayai oleh kas kecil.
-       Jurnal pengeluaran kas yang digunakan dalam transaksi pengisian kembali kas kecil
-       Dokumen bukti penggunaan kas kecil yang digunakan sebagai bukti pemakaian kas kecil.
Perangkat pendukung laporan kas kecil:
-       Petty cash voucher atau bukti pengeluaran kas kecil
-       Kuitansi transaksi pembelian
-       Nota pembayaran atau nota kontan
-       Faktur sisa dana kas kecil




Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                       (Shinta Aryani Saputri)










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  5
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memproses dokumen dana kas kecil

B.     KOMPETENSI DASAR
Mengisi dana kas kecil

C.     INDIKATOR
a.    Mencatat jumlah pemakaian dana kas kecil
b.    Mencatat jumlah pengisian kembali dana kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.    Siswa dapat mengenali dokumen pemakaian dana kas kecil
b.    Siswa dapat menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
c.    Siswa dapat menghitung mutasi dana kas kecil

E.     MATERI PEMBELAJARAN
a.    Dokumen/bukti pemakaian dana kas kecil
b.    Metode pencatatan dana kas kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    : Komunikasi tiga arah
2. Pendekatan             : Kontekstual.
3. Metode                    : Ceramah, Tanya jawab dan kuis

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang dana kas kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø  Tahap Konfirmasi
a.       Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b.      Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang kas dan kas kecil disuatu perusahaan.
c.       Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode Imprest Fund Method dan Fluctuation Method.
d.      Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi dari karakteristik kas kecil.
e.       Kelompok keempat diberi tugas untuk mencari informasi tentang prosedur kas kecil.
f.       Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan
Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
Guru menyudahi pengajaran hari ini lalu kelompok yang belum maju diberi kesempatan maju kepada pertemuan berikutnya. Serta guru memberi salam kepada siswanya.

H.    SUMBER BELAJAR
1.    Modul Memproses Transaksi Kas Kecil
2.    Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang (Hendri Soemantri)
3.    Akuntansi suatu pengantar (Soemarso SR)

I.       MEDIA BELAJAR
1.    Modul
2.    Spidol
3.    Papan tulis

J.       PENILAIAN
·         Tes tulis
·         Tes lisan

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan :
1.    Apa perbedaan antara kas dengan kas kecil?
2.    Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam kas? Jelaskan!

Jawaban :
1.    Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Sedangkan kas kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu.
2.    Yang termasuk ke dalam kas:
a.       Uang kertas dan logam
b.      Cek : Surat perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
Bilyet Giro : Surat perintah pemindah bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain
c.       Simpanan di bank dalam bentuk Giro
Giro : Suatu alat pembayaran yang ada di perbankan Indonesia. Giro diterbitkan oleh pihak yang mempunyai utang
d.      Traveler’s Cheque : Cek yang dikeluarkan untuk biaya perjalanan
e.       Money Order : Surat perintah membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan pengguna
f.       Cashier’s Order : Cek yang dibuat oleh bank untuk suatu saat dicairkan di bank itu juga
g.      Bank Draft : Cek/perintah membayar dari suatu bank yang mempunyai rekening di bank lain, yang dikeluarkan atas permintaan seseorang/nasabah melalui penyetoran terlebih dahulu di bank pembuat




Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                       (Shinta Aryani Saputri)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012

Sekolah                       :  SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran            :  Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/ Semester           :  XII/1                      
Pertemuan ke              :  6
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
            Memproses dokumen dana kas kecil

B.     KOMPETENSI DASAR
Mencatat mutasi dana selisih kas kecil

C.     INDIKATOR
a.    Mencatat jumlah pemakaian dana kas kecil
b.    Mencatat jumlah pengisian kembali dana kas kecil

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.    Siswa dapat membedakan jurnal metode dana tetap dengan metode dana berubah

E.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Jurnal pengisian dana kas kecil
b.      Jurnal pemakaian dana kas kecil
c.       Jurnal pengisian dana kas kecil

F.      METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi                    :.Komunikasi tiga arah
2. Pendekatan             : Kontekstual
3. Metode                    : Ceramah, tanya jawab, kuis

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø  Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø  Tahap Elaborasi
Guru memberi gambaran umum mengenai selisih dana kas kecil. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø  Tahap Konfirmasi
a.       Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b.      Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian dan jenis-jenis transaksi.
c.       Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan jurnal umum dan jurnal khusus.
d.      Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan jurnal pembelian dan jurnal penjualan.
e.       Kelompok keempat diberi tugas untuk membedakan jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas dan jurnal memorial.
f.       Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

Ø  Tahap Evaluasi / Penutup
Guru menyudahi pengajaran hari ini lalu kelompok yang belum maju diberi kesempatan maju kepada pertemuan berikutnya. Serta guru memberi salam kepada siswanya.

H.    SUMBER BELAJAR
1.    Modul Memproses Transaksi Kas Kecil
2.    Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang (Hendri Soemantri)
3.    Akuntansi suatu pengantar (Soemarso SR)

I.       MEDIA BELAJAR
1.    Modul
2.    Spidol  
3.    Papan tulis

J.       PENILAIAN
·         Tes tulis
·         Tes lisan

K.    INSTRUMEN
Pertanyaan :
1.      Apa yang Anda ketahui tentang kas? Jelaskan!
2.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam kas? Jelaskan!
3.      Sebutkan dan jelaskan dua metode yang dapat digunakan dalam mengelola dana kas kecil!
4.      Apa saja karakter dari kas kecil?
5.      Sebutkan 3 saja peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pengelolaan kas kecil!

Jawaban :
1.      Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Berupa uang tunai yang diperlukan untuk membiayai keperluan kantor.
2.      Yang termasuk ke dalam kas:
a.       Uang kertas dan logam
b.      Cek : Surat perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
Bilyet Giro : Surat perintah pemindah bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain
c.       Simpanan di bank dalam bentuk Giro
Giro : Suatu alat pembayaran yang ada di perbankan Indonesia. Giro diterbitkan oleh pihak yang mempunyai utang
d.      Traveler’s Cheque : Cek yang dikeluarkan untuk biaya perjalanan
e.       Money Order : Surat perintah membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan pengguna
f.       Cashier’s Order : Cek yang dibuat oleh bank untuk suatu saat dicairkan di bank itu juga
g.      Bank Draft : Cek/perintah membayar dari suatu bank yang mempunyai rekening di bank lain, yang dikeluarkan atas permintaan seseorang/nasabah melalui penyetoran terlebih dahulu di bank pembuat
3.      Dua metode yang dapat digunakan dalam mengelola dana kas kecil :
a.       Imprest Fund Method
Jumlah dana dalam rekening kas kecil selalu tetap, yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk membentuk dana kas kecil
b.      Fluctuation Method
Dalam sistem fluktuasi saldo rekening kas kecil tetap, tetapi berfluktuasi sesuai dengan jumlah pengisian dan pengeluaran-pengeluaran dari kas kecil
4.      Karakter dari kas kecil :                                                                
a.       Jumlah dibatasi tidak lebih dan tidak kurang dari suatu jumlah tertentu yang  telah ditentukan oleh manajemen perusahaan. Tentunya masing-masing perusahaan menetapkan jumlah yang berbeda sesuai dengan skala operasional perusahaan. Biasanya antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,-
b.      Digunakan untuk mendanai transaksi-transaksi kecil yang bersifat rutin setiap hari
c.       Disimpan di tempat khusus, kotak kecil/petty cash box maupun di dalam amplop
d.      Ditangani/dipegang oleh petugas keuangan tingkat pemula (junior cashier)
5.      Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan :
a.       Uang tunai dalam jumlah yang ditentukan oleh manajer perusahaan
b.      Kotak kecil tempat menyimpan uang tunai/amplop
c.       Form isian bukti pengeluaran kas kecil
Contoh: Kwitansi pembelian, nota bon kontan, dll
d.      Buku kas kecil (untuk keterangan-keterangan pengeluaran)
e.       Tempat penyimpanan sementara seluruh peralatan dan perlengkapan transaksi kas kecil
Contoh: Almari, laci khusus yang memiliki kunci (agar aman)


                
Mengetahui                                                                                Depok,…………….
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran                       



(MI. Dewi Nugraheni S.Pd)                                                   (Shinta Aryani Saputri)