RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran : Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Memproses Dokumen Dana Kas Kecil
- KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan administrasi dana kas kecil
C.
INDIKATOR
a.
Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan
dana kas kecil.
b.
Menyediakan data transaksi pengisian kembali dan
pemakaian kas kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.
Siswa
dapat mengidentifikasikan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dana kas
kecil tersedia.
b.
Siswa
dapat menunjukkan data transaksi pengisian kembali dan pemakaian dana kas
kecil.
c.
Siswa
dapat mengetahui berbagai sumber pengelolaan kas kecil perusahaan.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengelolaan Administrasi Kas Kecil
- Pengertia
dari Kas
- Pengertian
yang termasuk ke dalam kas
- Pengertian
yang termasuk ke dalam kas
- Pengertian
dari Kas Kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : komunikasi
tiga arah.
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : ceramah
dan diskusi
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para
murid yang ada di kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa
tentang pengertian kas dan kas kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas
tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali
ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø
Tahap Konfirmasi
a.
Siswa diberi waktu 15 menit untuk membaca materi ajar
yang akan di sampaikan.
b.
Masing-masing siswa diberi waktu untuk menyampaikan
pendapatnya tentang materi ajar yang akan dibahas.
c.
Guru menyampaikan materi ajar
d.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan menjawab
pertanyaan dari siswa
e. Guru
memberikan soal yang berkaitan dengan materi ajar yang telah disampaikan kepada
para siswa
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat suatu
kesimpulan.
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru memberi kesimpulan pembelajaran hari ini. Guru
menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam kepada siswanya.
H.
SUMBER BELAJAR
a.
Buku Modul
“Memproses Transaksi Kas Kecil”
b.
Buku “Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
dan Dagang” (Hendri Soemantri)
c.
Buku “Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso,SR.)
I.
MEDIA BELAJAR
a.
Modul
b.
Spidol
c.
Papan tulis
J.
PENILAIAN
·
Tes tulis
K.
INSTRUMEN
Pertanyaan
1.
Apa Yang di maksud dengan Kas dan Kas Kecil…?
2.
Sebutkan dan jelaskan apa saja yang masuk ke dalam
golongan kas…?
3.
Sebutkan Definisi Kas Kecil (Petty Cash Fund) menurut ,
“SOEMARSONO (2004)”…?
4.
Sebutkan biaya-biaya apa saja yang masuk di dalam
pengeluaran Kas Kecil…?
5.
Sebutkan dan jelaskan apa saja yang tidak termasuk
kas…?
Jawaban
1.
-Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas
di pergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.Dapat berupa uang tunai
atau simpanan pada bank.
-Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang
disisihkan dalam perusahaan dan dipergunakan untuk melayani
pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya pengeluaran-pengeluaran yang
jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain yang dilakukan dibank(dengan
Cek).
2.
a). Uang kertas dan logam
b). Cek : Surat Perintah tertulis nasabah pada bank untuk menarik
sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
Bilyet Giro : Surat perintah pemindah
bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk
memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya
disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain.
c). Simpanan
dalam bank dalam bentuk giro
Giro : adalah
Suatu alat pembayaran yang ada di perbankan
Indonesia.Giro di terbitkan oleh pihak yang mempunyai hutang.
d). Traveler’s Cheque : adalah cek yang
di keluarkan untuk biaya perjalanan.
e).Money Order : Surat perintah membayar
sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan pengguna.
f). Bnk Draft
: adalah cek/perintah membayar dari suatu bank yang mempunyai rkening di bank
lain,yang dikeluarkan atas perintah seseorang/nasabah melalui penyetoran
terlebih dahulu di bank pembuat.
3.
Menurut SOEMARSONO (2004)
Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai
tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan dipergunakan untuk melayani
pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya pengeluaran-pengeluaran yang
jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain yang dilakukan dibank(dengan
Cek).
4.
Biaya-biaya dalam kas kecil
a.
Biaya makan dan minum
b.
Biaya perlengkapan
c.
Biaya keperluan kantor
d.
Dll
5.
Yang tidak termasuk kas adalah sbb :
a.
Past dated chek (cek mundur)
Cek yang mencantumkan tanggal
penarikan di masa mendatang ,merupakan cek yang di beri tanggal mundur
b.
Certificate of deposito (deposito berjangka)
Prodak bank sejenis jasa
btabungan yang biasa ditawarkan pada masyarakat memiliki jangka aktu tertentu
misalnya 1,3,6/12bulan.Bila deposito dibiarkan sebelum tanggal jatuh tempo,maka
nasabah akan terkena denda/penalty.
c.
Notes (Wesel/promes)/Surat pengakuan hutang
Wesel : Surat perintah dari
seorang yang minta dibayarkan kepada seorang lain,sejumlah uang yang tersebut dalam surat perintah itu
d.
Markettable securities (surat-surat berharga).
Surat pengakuan hutang,wesel,saham,obligasi,sekuritas
kredit/setiap derivatifnya/kepentingan lain/suatu kewajiban dari penerbit dalam bentuk yang lazim
diperbandingkan dalam pasar modal dan pasar uang
e. Kas
yang di sisihkan untuk tujuan tertentu dalam bentuk dana ,misalnya untuk
pembayaran deviden pelunasan pinjaman obligasi
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI.
Dewi Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran :
Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
2
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memproses
Dokumen Dana Kas Kecil
B.
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis dua metode yang dipergunakan
dalam pengelolaan administrasi kas kecil
C.
INDIKATOR
a. Siswa membedakan dua metode
yang digunakan dalam pengelolaan administrasi kas kecil.
b. Siswa dapat memahami
karakteristik dasar dari kas kecil.
c. Siswa dapat memahami prosedur
pengelolaan kas kecil
d. Siswa mampu melakukan prosedur
penutupan dan pelaporan kas kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.
Siswa dapat membedakan dua metode yang
digunakan dalam pengelolaan administrasi kas kecil.
b.
Siswa dapat memahami karakteristik dasar dari kas kecil
E.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Dua Metode Dalam Mengelola Dana Kas Kecil
b.
Prosedur Pengelolaan Kas Keil
c.
Prosedur Penutupan Pelaporan Kas Kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : komunikasi
tiga arah
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta
mengabsen para murid yang ada di kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan tentang
materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Dalam mengelola dana kas kecil dibutuhkan
beberapa metode untuk membantu lancarnya kegiatan pembukuan dalam kas pada
suatu perusahaan.Maka guru memberikan ilustrasi dengan jelas tentang bagaimana
prosedur yang dilakukan di kedua metode yang digunakan dalam mengelola dana kas
kecil.
Ø
Tahap Konfirmasi
1.
Siswa diberi tugas untuk menjelaskan perbedaan dan persamaan dalam pengelolaan kas kecil
yang dibahas dalam metode Imprest Fund System dan Fluctuating Fund System.
2.
Siswa diberi
tugas untuk melakukan
3.
Siswa diberi beberapa waktu untuk mengerjakan soal yang
telah diberi.
4.
Setelah waktu yang diberikan guru menunjuk siswa untuk
mempresentasikan hasil tugas di depan kelas.
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru member kesimpulan pembelajaran hari ini dan menilai hasil pekerjaan
tugas siswa.Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi salam
penutup kepada siswanya.
H.
SUMBER BELAJAR
a.
Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
b.
Buku “Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
dan Dagang” (Hendri Soemantri)
c.
Buku “Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso,SR.)
I.
MEDIA BELAJAR
a. Modul
b. Spidol
c. Papan
tulis.
J.
PENILAIAN
a. Tes
tulis
K.
INSTRUMEN
Pertanyaan
1.
Jelaskan pengertian dari kas…?
Jawab: Kas
adalah alat pembayaran yang siap dan bebas di pergunakan untuk membiayai
kegiatan umum perusahaan.Dapat berupa uang tunai atau simpanan pada bank.
2.
Jelaskan pengertian dari kas kecil…?
Jawab : Kas
Kecil adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan
dipergunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu,biasanya
pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar,pengeluaran-pengeluaran lain
yang dilakukan dibank(dengan Cek).
3.
Sebutkan Biaya-biaya yang termasuk dalam kas kecil…?
Jawab : Biaya
makan dan minum,Biaya perlengkapan,Biaya keperluan kantor dan lain-lain
4.
Dalam Mengelola dana kas kecil terdapat berapa metode
yang biasa di gunakan…?
Jawab : Ada
2 Metode yaitu Imprest Fund Method dan Fluctuation Method
5.
Sebutkan yang termasuk ke dalam kas…?
Jawab : a. Uang kertas dan logam
b.Cek
dan Bilyet Giro
c.
Simpanan dibank dalam bentuk giro
d.Traveler’s
Cheque
e.
Money Order
f.
Chasier’s Orders
g.Bank
Draft
6.
“ Dalam system ini jumlah dana dalam rekening kas kecil
selalu tetap,yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk
membentuk dana kas kecil ”.Adalah definisi dari metode apa…?
Jawab :
Imprest Fund Method
7.
Apa yang menjadi perbedaan dalan pengisian jumlah saldo
andara Imprest Fund Method dengan Flutucation method…?
Jawab : IFM
= saldo selalu tetap
FM = Saldo berubah-ubah
8.
Dimana tempat untuk menyimpan dana kas kecil…?
Jawab :
Amplop atau Petty Cash Box
9.
Berapa jumlah dana kas kecil bila dilihat dari dasar
karakteristik kas kecil
Jawab : Min
: Rp. 500.000
Max : Rp. 5.000.000
10. Apa
nama jabatan orang yang di percaya untuk memegang kas kecil…?
Jawab : Petugas
keuangan tingkat pemula (junior Cashier)
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI.
Dewi Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran :
Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
3
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memproses
dokumen dana kas kecil
B.
KOMPETENSI DASAR
Menghitung
mutasi dana kas kecil
C.
INDIKATOR
a.
Siswa dapat mengidentifikasi saldo awal kas kecil
b.
Siswa dapat mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas
kecil
c.
Siswa dapat mengidentifikasi jurnal pemakaian dana kas
kecil
d.
Siswa dapat mengidentifikasi sisa dana kas kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.
Siswa dapat mengetahui berbagai dokumen pemakaian dana
kas kecil
b.
Siswa dapat mengetahui metode pencatatan dana kas kecil
c.
Siswa dapat membuat berbagai dokumen penggunaan kas
kecil
E. MATERI
PEMBELAJARAN
a.
Dokumen atau bukti pemakaian dana kas kecil
b.
Metode pencatatan transaksi penggunaan kas kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : komuniksi
tiga arah
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : Ceramah dan Tanya jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di
kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang dana kas kecil.
Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang
harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi
selanjutnya.
Ø
Tahap Konfirmasi
a. Setelah
guru menjelaskan secara terperinci tentang mutasi dana kas kecil maka guru
memberikan soal kepada siswa
b. Soal
tersebut dikerjakan oleh siswa
c. Tugas
tersebut langsung dinilai oleh guru
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru memberi kesimpulan
pembelajaran hari ini dan menilai hasil pekerjaan tugas siswa.Guru menyudahi
pengajaran hari ini serta guru memberi salam kepada siswanya
H.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
2.
Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan
dagang (Hendri Soemantri)
3.
Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso SR)
I.
MEDIA BELAJAR
a.
Modul
b.
Spidol
c.
Papan tulis
J.
PENILAIAN
·
Tes tulis
·
Tes lisan
K.
INSTRUMEN
Pertanyaan
1.
Jelaskan pengertian mutasi dan mutasi kas kecil?
2.
Sebutkan bukti-bukti transaksi ekstern yang anda
ketahui?
3.
Sebutkan tahapan-tahapan penggunaan kas kecil?
Jawab :
1.
Mutasi adalah kegiatan pemindahan lokasi atau identitas
dari hal-hal tertentu. Sedangkan mutasi kas kecil berarti melakukan pendataan
berbagai hal yang terkait dengan pemindahan atau penggunaan kas kecil untuk
membiayai berbagai keperluan harian sebuah perusahaan.
2.
Bukti-bukti transaksi ekstern antara lain:
-
Faktur
-
Kuitansi
-
Nota kredit
-
Nota debet
-
Cek
-
Bilyet giro
-
Rekening Koran
-
bukti setoran bank
3. Tahapan-tahapannya
yaitu:
-
Mengenal jenis jurnal dan tata cara pengisian secara
umum. Jurnal terdiri dari jurnal umum dan jurnal khusus. Jika transaksi yang
terjadi tidak hanya pembelian barang dagang, jurnal khusus tidak dapat
digunakan.
-
Siklus pencatatan dan pengisian kembali kas kecil
Dokumen atau bukti transaksi
|
Transaksi
|
Jurnal pengeluaran kas kecil
|
4 X
Bukti pengeluaran kas kecil
|
Kasir kas umum
|
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI.
Dewi Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran :
Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
4
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memproses
dokumen dana kas kecil
B.
KOMPETENSI DASAR
Menghitung
mutasi dana kas kecil
C.
INDIKATOR
a.
Siswa dapat mengidentifikasi selisih dana kas kecil
b.
Siswa dapat memverifikasi jumlah pemakaian dana kas
kecil
c.
Siswa dapat memverifikasi jumlah pengisian kembali dana
kas kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a.
Siswa mampu
membuat laporan penggunaan kas kecil
b.
Siswa dapat menghitung selisih dana kas kecil
c.
Siswa dapat membuat laporan keuangan
E.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Penghitungan fisik dana kas kecil
b.
Selisih dana kas kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi :.Komunikasi
tiga arah
2. Pendekatan :
Kontekstual
3. Metode : Ceramah dan Tanya jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di
kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang mutasi dana kas
kecil. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan
materi yang harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan
pemahaman materi selanjutnya.
Ø
Tahap Konfirmasi
a. Guru
memberikan soal tentang pencatatan kas kecil dan laporan mutasi dana kas kecil
b. Soal
tersebut dikerjakan oleh siswa
c. Tugas
tersebut akan dinilai oleh guru dipertemuan selanjutnya
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru memberi kesimpulan
pembelajaran hari ini. Guru menyudahi pengajaran hari ini serta guru memberi
salam kepada siswanya
H.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku Modul “Memproses Transaksi Kas Kecil”
2.
Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan
dagang (Hendri Soemantri)
3.
Akuntansi Suatu Pengantar (Soemarso SR)
I.
MEDIA BELAJAR
a.
Modul
b.
Spidol
c.
Papan tulis
J.
PENILAIAN
·
Tes tulis
·
Tes lisan
K.
INSTRUMEN
Pertanyaan :
1. Apakah
yang dimaksud laporan keuangan?
2. Jelaskan
pengertian laporan penggunaan kas kecil?
3. Sebutkan
perangkat penyusunan laporan penggunaan kas kecil?
Jawaban :
1. Laporan
keuangan adalah sebuah laporan yang dibuat dalam rangka pertanggung jawaban
seorang pemegang keuangan dalam sebuah kantor atau instansi perusahaan.
2. Laporan
penggunaan kas kecil adalah sebuah bentuk pertanggung jawaban dari kas kecil
kepada financial controller atau manajer keuangan melalui general cashier atau
kasir umum dan juga sebagai bentuk laporan serta permohonan kepada kasir umum
untuk mengisi kembali kas kecil yang sudah digunakan.
3. Perangkat
penyusunan laporan penggunaan kas kecil yaitu:
-
Jurnal pengeluaran kas sebagai bentuk awal pembentukan
kas.
-
Buku kas kecil sebagai media mencatat berbagai
pengeluran yang dibiayai oleh kas kecil.
-
Jurnal pengeluaran kas yang digunakan dalam transaksi
pengisian kembali kas kecil
-
Dokumen bukti penggunaan kas kecil yang digunakan
sebagai bukti pemakaian kas kecil.
Perangkat pendukung laporan kas kecil:
-
Petty cash voucher atau bukti pengeluaran kas kecil
-
Kuitansi transaksi pembelian
-
Nota pembayaran atau nota kontan
-
Faktur sisa dana kas kecil
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI.
Dewi Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran :
Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
5
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memproses dokumen dana
kas kecil
B.
KOMPETENSI DASAR
Mengisi dana kas kecil
C.
INDIKATOR
a.
Mencatat jumlah pemakaian dana kas kecil
b.
Mencatat jumlah pengisian kembali dana kas
kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
a.
Siswa dapat
mengenali dokumen pemakaian dana kas kecil
b.
Siswa dapat
menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
c.
Siswa dapat
menghitung mutasi dana kas kecil
E.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Dokumen/bukti
pemakaian dana kas kecil
b.
Metode
pencatatan dana kas kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi :
Komunikasi tiga arah
2. Pendekatan :
Kontekstual.
3. Metode :
Ceramah, Tanya jawab dan kuis
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di
kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang dana kas kecil.
Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang
harus dikuasai. Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi
selanjutnya.
Ø
Tahap Konfirmasi
a. Siswa
dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok
pertama diberi tugas untuk mencari
informasi tentang kas dan kas
kecil disuatu perusahaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode Imprest Fund Method dan Fluctuation Method.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari
informasi dari karakteristik kas kecil.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mencari informasi tentang prosedur kas kecil.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru menyudahi pengajaran hari ini lalu kelompok yang
belum maju diberi kesempatan maju kepada pertemuan berikutnya. Serta guru
memberi salam kepada siswanya.
H.
SUMBER BELAJAR
1. Modul Memproses Transaksi Kas Kecil
2. Menyelesaikan
siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang (Hendri Soemantri)
3. Akuntansi
suatu pengantar (Soemarso SR)
I.
MEDIA BELAJAR
1. Modul
2. Spidol
3. Papan
tulis
J.
PENILAIAN
·
Tes tulis
·
Tes lisan
K. INSTRUMEN
Pertanyaan
:
1. Apa perbedaan antara kas dengan kas kecil?
2. Sebutkan
dan jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam kas? Jelaskan!
Jawaban
:
1. Kas
adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai
kegiatan umum perusahaan. Sedangkan kas kecil adalah sejumlah uang tunai
tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani
pengeluaran-pengeluaran tertentu.
2. Yang
termasuk ke dalam kas:
a.
Uang kertas dan logam
b.
Cek : Surat perintah tertulis nasabah kepada bank untuk
menarik sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
Bilyet Giro : Surat perintah pemindah
bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk
memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya
disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain
c.
Simpanan di bank dalam bentuk Giro
Giro : Suatu alat pembayaran yang ada
di perbankan Indonesia. Giro diterbitkan oleh pihak yang mempunyai utang
d.
Traveler’s Cheque : Cek yang dikeluarkan untuk biaya
perjalanan
e.
Money Order : Surat perintah membayar sejumlah uang
tertentu berdasarkan keperluan pengguna
f.
Cashier’s Order : Cek yang dibuat oleh bank untuk suatu
saat dicairkan di bank itu juga
g.
Bank Draft : Cek/perintah membayar dari suatu bank yang
mempunyai rekening di bank lain, yang dikeluarkan atas permintaan
seseorang/nasabah melalui penyetoran terlebih dahulu di bank pembuat
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI.
Dewi Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK Pemuda Depok
Tahun Ajaran 2011/2012
Sekolah : SMK Pemuda Depok
Mata Pelajaran :
Memproses Transaksi Kas kecil
Kelas/
Semester : XII/1
Pertemuan ke :
6
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memproses dokumen dana kas kecil
B.
KOMPETENSI DASAR
Mencatat mutasi dana
selisih kas kecil
C.
INDIKATOR
a. Mencatat jumlah pemakaian dana kas kecil
b. Mencatat jumlah pengisian kembali dana kas kecil
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
a.
Siswa
dapat membedakan jurnal metode dana tetap dengan metode dana berubah
E.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Jurnal pengisian dana kas kecil
b. Jurnal pemakaian dana kas kecil
c. Jurnal pengisian dana kas kecil
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi :.Komunikasi
tiga arah
2. Pendekatan :
Kontekstual
3. Metode : Ceramah, tanya jawab, kuis
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Tahap Situasional
Guru memberi salam kepada siswa serta mengabsen para murid yang ada di
kelas
Ø
Tahap Eksplorasi
Guru memberi beberapa pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Ø
Tahap Elaborasi
Guru memberi gambaran umum mengenai selisih dana kas kecil. Pemahaman
materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
Ø
Tahap Konfirmasi
a. Siswa
dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok
pertama diberi tugas untuk mencari
informasi tentang pengertian
dan jenis-jenis transaksi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan jurnal umum dan jurnal khusus.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan
jurnal pembelian dan jurnal penjualan.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
membedakan jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas dan jurnal memorial.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.
Ø
Tahap Evaluasi / Penutup
Guru menyudahi pengajaran hari ini lalu kelompok
yang belum maju diberi kesempatan maju kepada pertemuan berikutnya. Serta guru
memberi salam kepada siswanya.
H.
SUMBER BELAJAR
1.
Modul Memproses
Transaksi Kas Kecil
2.
Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan
dagang (Hendri Soemantri)
3.
Akuntansi suatu pengantar (Soemarso SR)
I.
MEDIA BELAJAR
1.
Modul
2.
Spidol
3.
Papan tulis
J.
PENILAIAN
·
Tes tulis
·
Tes lisan
K. INSTRUMEN
Pertanyaan :
1.
Apa yang Anda ketahui tentang kas? Jelaskan!
2.
Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam
kas? Jelaskan!
3.
Sebutkan dan jelaskan dua metode yang dapat digunakan
dalam mengelola dana kas kecil!
4.
Apa saja karakter dari kas kecil?
5.
Sebutkan 3 saja peralatan dan perlengkapan yang
dibutuhkan dalam pengelolaan kas kecil!
Jawaban :
1.
Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas
dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Berupa uang tunai yang
diperlukan untuk membiayai keperluan kantor.
2.
Yang termasuk ke dalam kas:
a.
Uang kertas dan logam
b.
Cek : Surat perintah tertulis nasabah kepada bank untuk
menarik sejumlah dana tertentu atas nama/atas unjuk
Bilyet Giro : Surat perintah pemindah
bukuan untuk nasabah suatu bank kepada bank lain yang bersangkutan untuk
memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya
disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama/bank lain
c.
Simpanan di bank dalam bentuk Giro
Giro : Suatu alat pembayaran yang ada
di perbankan Indonesia. Giro diterbitkan oleh pihak yang mempunyai utang
d.
Traveler’s Cheque : Cek yang dikeluarkan untuk biaya
perjalanan
e.
Money Order : Surat perintah membayar sejumlah uang
tertentu berdasarkan keperluan pengguna
f.
Cashier’s Order : Cek yang dibuat oleh bank untuk suatu
saat dicairkan di bank itu juga
g.
Bank Draft : Cek/perintah membayar dari suatu bank yang
mempunyai rekening di bank lain, yang dikeluarkan atas permintaan
seseorang/nasabah melalui penyetoran terlebih dahulu di bank pembuat
3.
Dua metode yang dapat digunakan dalam mengelola dana
kas kecil :
a.
Imprest Fund Method
Jumlah dana dalam rekening kas kecil
selalu tetap, yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk
membentuk dana kas kecil
b.
Fluctuation Method
Dalam sistem fluktuasi saldo rekening
kas kecil tetap, tetapi berfluktuasi sesuai dengan jumlah pengisian dan
pengeluaran-pengeluaran dari kas kecil
4. Karakter
dari kas kecil :
a.
Jumlah dibatasi tidak lebih dan tidak kurang dari suatu
jumlah tertentu yang telah ditentukan
oleh manajemen perusahaan. Tentunya masing-masing perusahaan menetapkan jumlah
yang berbeda sesuai dengan skala operasional perusahaan. Biasanya antara Rp
500.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,-
b.
Digunakan untuk mendanai transaksi-transaksi kecil yang
bersifat rutin setiap hari
c.
Disimpan di tempat khusus, kotak kecil/petty cash box
maupun di dalam amplop
d.
Ditangani/dipegang oleh petugas keuangan tingkat pemula
(junior cashier)
5.
Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan :
a.
Uang tunai dalam jumlah yang ditentukan oleh manajer
perusahaan
b.
Kotak kecil tempat menyimpan uang tunai/amplop
c.
Form isian bukti pengeluaran kas kecil
Contoh: Kwitansi pembelian, nota bon
kontan, dll
d.
Buku kas kecil (untuk keterangan-keterangan
pengeluaran)
e.
Tempat penyimpanan sementara seluruh peralatan dan
perlengkapan transaksi kas kecil
Contoh: Almari, laci khusus yang memiliki
kunci (agar aman)
Mengetahui Depok,…………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(MI. Dewi
Nugraheni S.Pd) (Shinta
Aryani Saputri)