

E-mail : HSI_Wizardshop@yahoo.com
FB : HSI WIZARDSHOP
Blog : WWW.HSI-WIZARDSHOP.BLOGSPOT.COM
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
HSI Wizardshop adalah perusahaan perseorangan yang dijalankan oleh Shinta Aryani Saputri. HSI Wizardshop adalah toko yang bergerak dibidang usaha penjualan aneka macam produk Sihir. Dimana dikhususkan untuk remaja dan anak-anak yang senang berfantasi.
1.1. Tujuan
HSI Wizardshop telah menyusun tujuan untuk dua tahun kedepan, program pengembangan usaha sebagai berikut :
· Meraih pangsa pasar yang lebih luas dari mulai penjualan dan pemesanan.
· Pengembangan produk
· Promosi
· Strategi Penetapan Harga
· Pemanfaatan Teknologi Informasi
1.2. Misi
Misi dari kami dalam dua tahun kedepan :
· Peningkatan Penjualan dan Pengembangan produk
· Peningkatan kegiatan pemasaran produk
1.3. Kunci Kesuksesan
Kunci kesuksesan dari perusahaan kami adalah :
· Penyediaan produk yang berkualitas baik dan berbeda dari produk yang lain
· Design yang unik dan bebas sesuai dengan permintaan konsumen
· Ketepatan waktu dan jumlah produksi.
· Produk yang berorientasi kepada konsumen dan pengembangan produk yang bersifat kontinue
· Variasi produk yang cukup tinggi.
1.4. Resiko yang Dihadapi
Resiko- resiko yang mungkin dihadapi oleh perusahaan kami :
· Bertambahnya pesaing masuk dalam pasar kami yang meiliki produk yang sama.
· Susahnya mencari barang-barang sihir untuk dipasarkan
· Daya beli konsumen yang menurun.
2. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1. Gambaran Umum Perusahaan
Nama perusahaan : HSI Wizardshop
Bidang Usaha : Penjualan produk sihir
Jenis Produk / Jasa : Perlengkapan Sihir
Alamat : Perum Bukit Waringi blok E18 no.07. Bogor
Telepon : 08568296370
E-mail : HSI_Wizardshop@yahoo.com
Fb : HSI WIZARDSHOP
Blog : WWW.HSI-WIZARDSHOP.BLOGSPOT.COM
Bank Perusahaan : BCA
Produk : - Tongkat Sihir ( Wand )
- Topi Sihir
- Horcrux dan deadly Hallow
- PIN asrama
- Jubah, Sweater, syal, Cardigan
- Kalung Salazar Slytherin dan Kalung Hallow
- Sapu Terbang
- Bola Ramalan
- dan perlengkapan Sihir lainnya
Pasar : Dalam Negeri
2.2. Informasi Pemilik Perusahaan
Nama : Shinta Aryani Saputri
Jabatan : Pemimpin
Tempat dan Tanggal Lahir : Padang, 23 september 1990
Alamat : Perum Bukit Waringi blok E18 no.07. Bogor
Telepon : 08568296370
Pendidikan terakhir : SMKN 1 Bojonggede
Alamat Email : chinta_phinz@yahoo.com
STRUKTUR ORGANISASI
![]() |
![]() |
2.3. SUSUNAN PEMILIK
Nama
|
Jumlah Saham
|
Nilai Saham
|
Persentase
|
Shinta Aryani Saputri
|
100 %
| ||
Total
|
0
|
0
|
100%
|
3. RINGKASAN PRODUK
HSI Wizardshop memproduksi aneka macam perlengkapan sihir. Adapun produk kami yang diproduksi secara rutin adalah :
No
|
Nama Barang
|
Kode
|
Harga/bks
|
1.
|
Wand
|
A1
|
Rp. 45.000
|
2.
|
Jubah gaib
|
A2
|
Rp. 130.000
|
3.
|
Topi Sihir
|
A3
|
Rp. 30.000
|
4.
|
PIN Asrama
|
A4
|
Rp. 5.000
|
5.
|
Sweater dan Jaket Asrama
|
A5
|
Rp. 150.000
|
6.
|
Kalung Salazar Slytherin
|
A6
|
Rp. 80.000
|
7.
|
Kalung Hallow
|
A7
|
Rp. 60.000
|
Selain barang produksi regular kami juga berusaha menerima pesanan barang yang didasarkan keinginan pelanggan lainnya.
3.1. Perbandingan Kompetitif
Produk kami memiliki keunggulan dalam hal kualitas produk dan memiliki diferensiasi produk, sehingga produk kami tidak bisa disamakan dengan produk lainnya. Selain itu Produk kami di design khusus oleh orang yang berbakat di bidangnya dan design sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu produk kami dijamin memiliki prospek yang cerah dan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran.
4. ASPEK PEMASARAN
4.1. Permintaan Pasar
Permintaan pasar akan produk sihir ini belum terdeskripsikan, hal ini disebabkan produk kami merupakan produk yang baru dirintis. Dari hasil pemantauan kami produk ini jarang ditemui dan susah dicari sehingga kami harus untuk meningkatkan produksi penjualan. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya permintaan konsumen kami dari luar daerah yang menginginkan produk kami. Melihat peluang dari permintaan yang semakin meningkat, maka kami berinisiatif untuk mencoba memasuki pasar tersebut dengan memproduksi berbagai assessories sihir yang unik dan berkualitas.
Sementara untuk produk seperti wand, pangsa pasar sangatlah terbuka lebar. Sebagai perbandingan kompetitif untuk permintaan wand itu sendiri, HSI Wizardshop dapat mencapai tingkat pemesanan kurang lebih mencapai 10 wand perharinya atau 300 wand perbulannya.
4.2. Penawaran pasar
Saat ini kami hanya memproduksi produk yang dipesan konsumen saja, diakibatkan belum adanya sumber modal yang memadai. Sehingga produk yang kami tawarkan terbatas.
4.3. Peluang Pasar
Dari gambaran peluang permintaan yang didapatkan, terdapat penawaran produk sebesar 100 % dari total permintaan pasar yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan adanya peluang yang kami miliki untuk jenis produk ini adalah 100 % .
Produk
|
Permintaan
|
Penawaran
|
Peluang
|
Wand
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
Jubah gaib
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
Topi Sihir
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
PIN Asrama
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
Sweater dan Jaket Asrama
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
Kalung Salazar Slytherin
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
Kalung Hallow
|
100 %
|
100 %
|
100 %
|
4.4. Strategi Penjualan
HSI Wizardshop memiliki tiga strategi utama dalam kegiatannya :
· Pertama ialah menyalurkan produk-produk kami pada komunitas – komunitas besar seperti komunitas pecinta sihir dan Harry Potter.
· kedua ialah untuk menarik konsumen baru, dengan melakukan penetrasi pasar berupa promosi produk dan penambahan tenaga pemasaran dan mengikuti berbagai pameran. Selain itu kami akan menggunakan Online shop untuk menarik konsumen lebih banyak lagi.
· Ketiga ialah mempertahankan pelanggan - pelanggan yang lama dengan memberikan informasi tentang produk diversifikasi kami yang baru secara berkala.
Berikut ini adalah proporsi rencana penjualan :
Produk
|
Lokasi
|
Pesanan Perbulan
|
Pesanan Pertahun
|
Wand
|
Perorangan
|
300 unit / bulan
|
3.600 unit / tahun
|
Jubah gaib
|
Distributor
|
150 unit / bulan
|
1.800 unit / tahun
|
Topi Sihir
|
Perorangan
|
100 unit / bulan
|
1.200 unit / tahun
|
PIN Asrama
|
Distributor
|
600 unit / bulan
|
7.200 unit / tahun
|
Sweater dan Jaket Asrama
|
Distributor
|
100 unit / bulan
|
1.200 unit / tahun
|
Kalung Salazar Slytherin
|
Perorangan
|
150 unit / bulan
|
1.800 unit / tahun
|
Kalung Hallow
|
Perorangan
|
150 unit / bulan
|
1.800 unit / tahun
|
Rencana Penjualan Perbulan
No
|
Item
|
Kode
|
Distributor
|
Lainnya
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Wand
|
A1
|
300
|
Rp. 45.000
|
Rp. 13.500.000
| |
2.
|
Jubah gaib
|
A2
|
150
|
Rp. 130.000
|
Rp. 19.500.000
| |
3.
|
Topi Sihir
|
A3
|
100
|
Rp. 30.000
|
Rp. 3.000.000
| |
4.
|
PIN Asrama
|
A4
|
600
|
Rp. 5.000
|
Rp. 3.000.000
| |
5.
|
Sweater dan Jaket Asrama
|
A5
|
100
|
Rp. 150.000
|
Rp. 15.000.000
| |
6.
|
Kalung Salazar Slytherin
|
A6
|
150
|
Rp. 80.000
|
Rp. 12.000.000
| |
7.
|
Kalung Hallow
|
A7
|
150
|
Rp. 60.000
|
Rp. 9.000.000
| |
Total
|
850
|
700
|
Rp. 75.000.000
|
4.5. Strategi Pemasaran
Target pasar kami yang utama ialah untuk memenuhi permintaan dari distributor dan juga pemenuhan pesanan yang datang langsung kepada kami untuk produk - produk dari perusahaan kami tersebut.
Kami membagi segmen pasar menjadi beberapa 3 kelompok yaitu :
· Kalangan remaja yang saat ini sedang dilanda Demam Sihir Harry Potter
· Kalangan komunitas yang membutuhkan untuk acara gathering, bazaar dan lain-lain
· Kalangan umum lainnya yang membutuhkan buat koleksi dan oleh-oleh.
Untuk pembagian proporsi dapat dilihat di bawah ini

4.6. Strategi Segmentasi Pasar
Sasaran utama dari segmen Remaja ialah anak-anak yang senang berimajinasi dan menyukai Film-film Wizard seperti Merlin dan Harry Potter yang jumlah penggemarnya rata-rata anak Remaja. Strategi utama ialah dengan memasarkan produk kami melalui distributor kami di online shop. Selain itu kami juga memberikan service lebih dengan memberikan layanan delivery services untuk tempat-tempat yang kurang terjangkau.
Untuk segmen umum kami biasanya memasok produk-produk kami ke tempat-tempat yang mudah di jangkau oleh konsumen tersebut.
Untuk segmen Komunitas biasanya kami memasarkan melalui sistem pemesanan. Hal ini cukup efektif, dikarenakan pembayaran yang dilakukan langsung secara tunai, berbeda dengan retail-retail lainnya.
4.7. Strategi Penetapan Harga
Dalam penetapan harga dari produk kami sangat tergantung pada harga produksi produk tersebut, kesulitan memperoleh produk dan kelangkaan produk tersebut sangat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga jual produk kami. Untuk penetapan harga retail, standar harga yang kami berlakukan ditambah proporsi keuntungan dari retailer yang dalam hal komisi penjualan yang biasanya di berlakukan ialah 20 % dari total penjualan.
Untuk produk yang di jual kepada konsumen secara langsung, kami menetapkan harga sesuai dengan pasar yang ada. Khusus untuk pembelian / pemesanan dalam jumlah besar, kami menetapkan harga yang lebih fleksibel rata-rata dengan discount 10 %.
4.8. Distribusi
Proses pendistribusian yang dilakukan, ialah melalui distribusi langsung dari perusahaan kami ke tempat-tempat tujuan pemasaran. Dan juga proses antar langsung kerumah pesanan atau delivery services untuk pemesanan luar kota.
4.9. Strategi Promosi
Kami telah melakukan strategi Promosi, dikarenakan promosi merupakan hal yang sangat penting dalam usaha ini, oleh karena itu kami telah menganggarkan Rp. 500.000 / bulan untuk biaya promosi, yang berupa :
· Biaya Promosi iklan koran Rp 350.000,00
· Biaya pamphlet perusahaan Rp.150.000,00
Selain itu kami juga mengikuti kegiatan berupa pameran-pameran dan bazar-bazar seperti yang dilakukan sebelumnya melalui kerjasama dengan pihak yang tertarik. Dan kami juga mempromosikan produk kami melalui webside dan jejaring sosial.
4.10. Tenaga Kerja Langsung
Seiring berkembangnya pemasaran, maka kami berusaha melakukan perekrutan terhadap orang-orang yang ahli dalam bidang pemasaran produk ini sendiri, setelah itu karyawan tersebut akan dilatih dan dibimbing oleh pemilik perusahaan yang selama ini menangani penjualan. Tenaga penjualan ini sendiri akan mendapatkan insentif gaji sebesar Rp. 800.000/bulan di luar bonus yang diberikan pimpinan perusahaan.
Kami juga berusaha akan merekrut pegawai kembali di bagian produksi sebanyak 1 orang dengan insentif gaji sebesar Rp. 800.000/bulan. Selain itu kami juga akan melakukan kemitraan dengan pengusaha ataupun lembaga lain yang bersifat mendukung dalam proses pengembangan pasarnya sendiri.
5. RINGKASAN SUMBER DAYA MANUSIA
HSI Wizardshop berada di bawah kepemimpinan Shinta Aryani Saputri, perusahaan yang berbentuk perusahaan perorangan ini masih tergolong kecil jadi memerlukan struktur organisasi sederhana, dimana segala keputusan dibawah Shinta Aryani Saputri.
5.1. Rencana Karyawan
Dalam kegiatan Produksi perusahaan kami akan meningkatkan karyawan di bagian produksi ketika perusahaan berkembang sebanyak 1 orang dengan insentif sebesar Rp. 800.000,00 per bulan. hal ini dilakukan untuk mengimbangi pesanan produksi yang kian berkembang.
Pada bagian penjualan, perusahaan ini akan melakukan penambahan karyawan sebanyak 1 orang, dengan insentif sebesar Rp. 800.000 per bulan.
6.ASPEK PRODUKSI
Aspek produksi merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan kami, yaitu bagaimana perusahaan dapat memproduksi dengan waktu yang tepat dalam memenuhi keinginan pemesanan, peningkatan kualitas dan juga efisiensi produksi yang akan menentukan biaya pokok dari produk.
Berdasarkan perencanaan penjualan yang telah dilakukan maka produksi akan dimulai dengan kapasitas produksi sebesar 300 unit perbulan untuk produk wand, 150 unit perbulan untuk jubah gaib, 100 unit perbulan untuk produk topi sihir, 600 unit / bulan untuk PIN Asrama, 100 unit / bulan untuk Sweater dan Jaket Asrama, 150 unit / bulan untuk Kalung Salazar Slytherin, dan 150 unit / bulan untuk Kalung Hallow, jumlah tersebut adalah jumlah maksimal yang dapat diproduksi oleh perusahaan saat ini.
Guna mendukung dari rencana pengembangan produksi maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu : (1) Persiapan Tata Letak (Lay Out) dengan tambahan mesin baru, penambahan tingkat persediaan bahan baku, dan barang jadi.(2) tata cara pemenuhan bahan baku, (3) penanganan hasil produksi. Dalam uraian berikut akan dijelaskan perincian dari persiapan yang harus dilakukan.
6.1. Persiapan Tata Letak (Layout)
Lahan Produksi untuk Proses produksi tidak begitu luas, tapi memungkinkan untuk penambahan peralatan. Dengan luas 25 M² cukup memungkinkan penambahan peralatan berupa komputer baru dan printer baru. Begitu juga untuk penyimpanan bahan baku produksi dapat dilakukan dengan penyimpanan di ruangan lain, dikarenakan perusahaan ini masih melakukan produksinya langsung di dalam rumah salah satu staf kami sendiri.
6.2. Pemenuhan Bahan Baku
Bahan baku yang diperlukan cukup memadai, hal ini dikarenakan bahan baku yang dipakai untuk proses produksi dapat dijumpai dimanapun. Namun untuk pemenuhan bahan baku sendiri, kami telah mensurvey apa yang kami butuhkan.
Untuk bahan baku proses produksi itu sendiri, sebagai produksi pokok perusahaan ini diperlukan bahan-bahan seperti: kayu, jaket polos, sweater polos, benang, sablon dan bordir dengan sistem komputerisasi dan lain-lain. Dalam Tabel Berikut akan diuraikan kebutuhan bahan baku per produk. Dengan asumsi harga bahan baku tetap dan produksi tetap. yaitu :
· Kayu Rp. 4.000 / 30 cm
· Jaket polos Rp. 35.000 / unit
· Sweater Rp. 30.000 / unit
· Benang Rp. 6.000 / lusin
· Sablon rubber warna Rp 3.500 / Pcs
· Sablon rubber separasi Rp 16.000 / pcs
· Sablon Timbul / Warna Rp 7.000 / pcs
· Logo 5x10 cm Rp 10.000 / pcs
· Logo 15x28 cm Rp 10.000 / pcs
Kebutuhan Bahan Baku Perbulan
Bahan Baku
|
Kebutuhan
|
Harga
|
Total
|
Kayu
|
600
|
Rp. 4.000
|
Rp. 2.400.000
|
Jaket polos
|
50
|
Rp. 35.000
|
Rp. 1.750.000
|
Sweater polos
|
50
|
Rp. 30.000
|
Rp. 1.500.000
|
Benang
|
1
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
Sablon rubber warna
|
50
|
Rp 3.500
|
Rp. 175.000
|
Sablon rubber separasi
|
50
|
Rp 16.000
|
Rp. 800.000
|
Sablon Timbul / Warna
|
50
|
Rp 7.000
|
Rp. 350.000
|
Logo 5x10 cm
|
300
|
Rp 10.000
|
Rp. 3.000.000
|
Logo 15x28 cm
|
300
|
Rp 10.000
|
Rp. 3.000.000
|
Bahan lainnya
|
-
|
-
|
Rp. 350.000
|
7. ASPEK KEUANGAN
Asumsi Biaya Proyek :
Tujuan kami untuk mengajukan proposal dana sebesar Rp. 10.000.000 adalah untuk dialokasikan sebagai berikut :
Biaya Investasi untuk penambahan asset Perusahaan berupa :
Komputer Pentium 4 : Rp. 1.250.000,00
Printer( scan + fotocopy) : Rp. 850.000,00
Mesin jahit : Rp. 450.000,00
lain-lain : Rp. 900.000,00
Total Rp. 3.450.000,00
Biaya di atas diasumsikan dari fluktuasi harga yang terjadi dipasaran saat ini.
Total pembiayaan proyek ialah sebesar Rp 10.000.000,00. Modal tersebut akan diproyeksikan untuk biaya penambahan asset sebesar Rp 3.450.000,00 dan biaya produksi sebesar Rp 6.550.000,00. Dana tersebut akan dibiayai dengan modal investor sebesar Rp. 10.000.000,00
Asumsi biaya-biaya bahan baku dan biaya gaji tidak mengalami kenaikkan
BIAYA PROYEK
Keterangan Total Pribadi Investor
Investasi Harta Tetap
Peralatan Produksi :
Komputer Pentium 4 : Rp. 1.250.000,00
Printer : Rp. 850.000,00
Mesin jahit : Rp. 450.000,00
lain-lain : Rp. 900.000,00
Total investasi Rp. 3.450.000,00 - Rp. 3.450.000,00
Modal Kerja
A. Biaya Pokok Produksi:
Bahan baku Rp. 13.331.000,00
Total Biaya Pokok Produksi Rp. 16.781.000,00
B. Biaya Usaha
Biaya Promosi Rp. 500.000,00
Biaya Transportasi Rp. 250.000,00
Biaya gaji pegawai Penjualan Rp. 1.800.000,00
Biaya Admisnistrasi Rp. 150.000,00
Total Biaya Usaha Rp 2.700.000,00
Total Biaya Operasi Perbulan Rp. 19.481.000,00 - Rp. 19.481.000,00
Total Biaya Proyek Rp. 19.481.000,00 - Rp. 19.481.000,00
Persen 100 % 0 % 100 %
PROYEKSI LABA – RUGI
A. Asumsi Rencana Produksi
Dalam penyusunan renana produksi diasumsikan kegagalan hanya terjadi dalam proses produksi sehingga untuk barang jadi sesuai kebutuhan.
B. Asumsi Rencana Penjualan
(1) Seluruh Produk terjual habis.
(2) Harga jual tetap pada harga stabil pada harga yang berlaku.
(3) Sistem pembayaran secara tunai.
C. Asumsi Biaya pokok produksi
Harga bahan baku tetap.
D. Asumsi Upah Tenaga Kerja Langsung
Asumsi untuk upah tenaga kerja diharapkan tetap yaitu Rp.800.000,00/bulan untuk pegawai produksi dan Rp. 800.000,00 untuk pegawai pemasaran.
PROYEKSI ARUS KAS
Proyeksi Arus Kas di Susun dalam 4 Periode, yaitu period 1- 4 Bulan pertama, periode bulan ke 5 -8, dan periode bulan ke 9 -12.
Keseluruhan Anggaran dapat dilihat pada anggaran- anggaran yang di susun pada halaman selanjutnya
HSI Wizardshop
Proyeksi Laba - Rugi

Pendapatan penjualan Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000 Rp.25.000.000
Harga Pokok Penjualan
Bahan Langsung Rp. 13.331.000 Rp.13.331.000 Rp.13.331.000
Biaya Tenaga Kerja Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
BOP Rp. 3.450.000 Rp. 0 Rp. 0
Laba Kotor Rp. 8.219.000 Rp. 10.831.000 Rp 10.831.000
Biaya Administrasi dan Penjualan Umum :
Gaji Pemilik Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Biaya Transportasi Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000
Biaya Administrasi Rp. 600.000 Rp. 600.000 Rp. 600.000
Biaya Promosi Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000
Gaji Pegawai Penjualan Rp. 3.200.000 Rp. 3.200.000 Rp. 3.200.000
Laba Operasional Rp. 1.419.000 Rp. 4.031.000 Rp. 4.031.000
Beban Bunga Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Laba Sebelum Pajak Rp 1.419.000 Rp. 4.031.000 Rp. 4.031.000
Pajak Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Laba Bersih Rp. 1.419.000 Rp. 4.031.000 Rp. 4.031.000
Penyusutan Peralatan

Peralatan baru Rp. 3.450.000 1 tahun Rp. 287.500
Total Rp. 3.450.000 Rp. 287.500
HSI Wizardshop
Cash Flow

Cashflow dari kegiatan operasional :
Pendapatan Penjualan Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000 Rp.25.000.000
Pembayaran Kas :
Pemasok bahan Baku Rp 13.331.000 Rp.13.331.000 Rp.13.331.000
Pembayaran TK Langsung Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
BOP Rp. 3.450.000 Rp. 0 Rp. 0
Pembayaran B. Operasional Rp. 6.800.000 Rp. 6.800.000 Rp. 6.800.000
Bunga Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Total Pembayaran Kas Rp. 23.561.000 Rp. 20.131.000 Rp. 20.131.000
Net Cashflow dari Kegiatan Operasional
Perusahaan Rp. 1.419.000 Rp. 4.031.000 Rp. 4.031.000
Cashflow dari kegiatan investasi :
Investasi penambahan
peralatan produksi Rp. (3.450.000) Rp - Rp -
Net Cashflow dari Kegiatan
Investasi Rp. (3.450.000) Rp - Rp -
Penambahan kas dan
setara kas Rp. 1.419.000 Rp. 4.031.000 Rp. 4.031.000
Saldo awal tahun kas Rp. 0 Rp. 1.419.000 Rp. 5.450.000
Saldo akhir tahun kas Rp. 1.419.000 Rp. 5.450.000 Rp. 9.481.000
Catatan Penjualan tunai 100 %
Tahun 0 Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3
A. Kas Masuk
1. Penjualan Tunai Rp.75.000.000. Rp.75.000.000 Rp. 75.000.000
2. Penjualan piutang 0 0 0
Total Kas Masuk Rp. 0 Rp. 16.350.000 Rp. 16.350.000 Rp. 16.350.000
B. kas keluar Rp 0 Rp.(58.650.000) Rp. (58.650.000) Rp.(58.650.000)
C. Kas Netto (A+B) Rp. 0 Rp. 16.350.000 Rp. 16.350.000 Rp. 16.350.000
HSI Wizardshop
Anggaran Neraca

Asset
Kas Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000
Piutang usaha Rp - Rp - Rp -
Persediaan barang jadi Rp. - Rp. - Rp. -
Total persediaan Rp. - Rp. - Rp. -
Total aktiva lancar Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000 Rp. 25.000.000
Aktiva Tetap
Peralatan Rp. 3.450.000 Rp. 3.450.000 Rp. 3.450.000
Kendaraan Rp. 0 Rp. 0 Rp 0
Dikurangi penyusutan Rp. (1.150.000) Rp.(1.150.000) Rp. (1.150.000)
Total aktiva tetap Rp. - Rp. - Rp. -
Total Asset Rp. 2.300.000 Rp. 1.150.000 Rp. 0
Kewajiban dan modal pemilik
Kewajiban lancar
Hutang dagang Rp - Rp - Rp -
Total kewajiban lancar Rp - Rp - Rp -
Kewajiban jangka panjang
Hutang Bank Rp. - Rp. - Rp. -
Total Kewajiban
Jangka Panjang Rp. - Rp. - Rp. -
Modal Rp. 21.550.000 Rp. 46.550.000 Rp. 71.575.000
Total kewajiban
dan modal pemilik Rp. 21.550.000 Rp. 46.550.000 Rp. 71.575.000
8. PENUTUP
Berdasarkan kajian yang menyeluruh terhadap semua aspek dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan dalam permintaan akan produk kami. Beberapa persiapan dibutuhkan dari mulai penambahan tenaga kerja, penambahan modal produksi hingga penambahan peralatan produksi yang keseluruhannya mencapai Rp. 10.000.000,00. dana tersebut akan dibiayai pihak Investor Rp. 10.000.000,00.
9. FOTO PRODUK






hallow
- Wand
- Wand elder
- Pedang godric gryfindor
- Topi penyihir
- Horcrux
- Cincin Horcrux